DLHP kabupaten Bondowoso sikapi sampah yang semakin banyak

Bondowoso Jatim

Dinas lingkuhan hidup dan perhubungan (DLHP) Bondowoso pada hari Kamis 28/10 yang bertepatan pada hari sumpah pemuda, mengadakan Saresahan pengelolaan sampah terintergrasi di Aula DLHP.

Acara saresahan yang di selenggarakan oleh DLHP kab Bondowoso di hadiri oleh sejumlah pejabat dan lembaga peduli lingkungan. mengingat sampah yang ada saat ini mulai menjadi masalah serius.

Sumber sampah yang terjadi pada kota bondowoso di sebabkan populasi penduduk di bondowoso semakin padat, dan kesadaran masyarakat yang kurang tentang sampah yang di hasilkan.

sampah rumah tangga dan pasar salah satu pemasok sampah terbesar di Bondowoso, pada tahun 2020 data yang di keluarkan oleh DLHP Bondowoso perhari sampah yang masuk pada Tempat pembuangan akhir (TPA) sebanyak 40 ton. dan pada tahun 2021 terjadi kenaikan sebanyak 50% menjadi 60 ton perhari.

pada acara saresahan pengelolaan sampah terintergrasi kepala DLHP Aries agung sungkowo menyampaikan permasalahan sampah ini harus betul – betul mendapatkan perhatian khusus. mengingat kenaikan sampah yang di hasilkan setiap hari nya sangat besar, untuk itu di perlukan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat supaya lonjakan sampah bisa di atasi.

pemerintah dan dinas terkait dalam hal ini DLHP akan berupaya menambah TPA yang lebih besar di lokasi yang baru.mengingat saat ini TPA taman krocok sudah mulai penuh, dan juga akan menambah alat berat bego untuk pengelolaan sampah di TPA.

peran kesadaran masyarakat sangat di butuhkan untuk bisa menyikapi sampah, untuk bisa memilah mana sampah non organik dan sampah organik dan juga saat ini sudah di galakan bank sampah sebagai salah satu unsur untuk bisa mengurai sampah yang ada di bondowoso.

Red/Biro Bondowoso Jatim