Tindak Tegas Aktor Intelektual Yang Terlibat Dibalik Pembakaran Di Yalimo

0newsTv.net

Jakarta

Himbawauan dari Sekertaris Tim sukses LAHUM Paslon 02 Apinus Logo menghimbau kepada seluruh warga masyarakat kabupaten Yalimo agar tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan issu dalam situasi yang sedang terjadi di Kabupaten Yalimo.

Kepada media Apinus Logo mengatakan kami sejak tanggal 29 Juni begitu dengar putusan Mahkamah konstitusi yang diskualifikasi paslon 01 dari pencalonan Pilkada Di Kabupaten Yalimo, dan mereka tidak mau menerima putusan MK, dan kami juga menyesalkan atas kejadian pembakaran aset negara buntut dari kekecewaan massa pendukung paslon 01.

“Namun dengab melakukan tindakan merusak aset pemerintah daerah dengan membakar beberapa Aset Daerah diantaranya beberapa gedung kantor di bakar total sehingga Kami meminta kepada para pihak berwajib dalam hal ini Kapolres Yalimo kenapa terkesan adanya dugaan pembiaran terhadap aktor-aktor intelektual yang kami duga ada keterlibatanya didalam peristiwa tersebut.

Sejak peristiwa pembakaran aset pemerintah daerah Kabupaten Yalimo yang terjadi pada tanggal 29 Juni 2021 lalu yang hanya berselang hitungan jam saja sejak MKRI. Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, membacakan hasil putusan sengketa Pilkada Yalimo ini, sampai dengan saat ini tidak ada tindakan yang pihak kepolisian maupun TNI yang ada di Yalimo, ditambahi, ” para penegak hukum disana terkesan hanya melihat saja dan diam terhadap aktor-aktor yang kami duga ada dibelakang kasus pembakaran ini.

Oleh karena itu maka kami minta agar kepada petugas hukum khususnya kepolisian untuk lakukan tindakan sesuai prosedur yang ada untuk menindaklanjuti terhadap aktor-aktor ini, dan beberapa waktu lalu Kapolda Papua berkunjung ke Yalimo tapi sampai saat ini belum ada tindakan yang dilakukan sampai situasi di Yalimo masih saja ada jalan – jalan yang ditutup berupa Pemalangan dijalan lintas trans Wamena- Yalimo Jayapura ini oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab, kami juga bertanya kepada Kapolda Papua ke YALIMO itu naik untuk menerima aspirasi dari Paslon 01 ini atau apa sebenarnya? Karena sampai sekarang tindak lanjut nya dari pihak keamanan seperti apa ini? Ada apa sebenarnya pihak keamanan lakukan pembiaran terhadap aktor-aktor yang merusak dan membakar kantor-kantor fasilitas umum milik pemerintah daerah, dan tempat usaha/dagangan dan rumah warga/ masyarakat yang sdh tidak pake lagi ini, namun sampai saat ini belum ada tindakan penangkapan dan proses secara aturan yang ada n? tidak bisa hanya jln lihat dan biarkan saja itu, semua ini pihak keamanan harus bertindak tegas tidak bisa lakukan pembiaran terhadap aktor-aktor ini.

Karena apapun alasannya keputusan MK ini bersifat final dan mengikat, sehingga pasti tahapan pemungutan suara ulang (PSU) akan di jalankan maka pihak berwajib untuk pertegas terhadap persoalan ini, karena semua pernyataan sikap, yang buat ini sepihak saja maka kami minta untuk segera mengambil langkah langkah yang baik untuk dalam PSU ini bisa berjalan dengan baik tutup Apinus.

Narsum : Apinus Logo

Red/Kontributor Jayapura